Cara menambahkan Casual Leasing yang baru – Book di Reservation BB
- Akses menu Banquet. Silahkan mengacu pada
- Pada bar Banquet, pilih Transaction > Reservation (BB)
- Pada menu reservation (Business Block), klik Create. Menu baru akan terbuka. Silahkan diisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku :
- Untuk menambahkan event yang sedang berlangsung **pada tab Events, klik Add an item**.
- Menu baru akan terbuka. Silahkan diisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Untuk menentukan harga / rate yang berlaku pada ruangan yang disewa, **klik tab Rate > Add an item**. Silahkan diisi dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila tab Events dan Rate sudah di set, klik tombol Save pada pojok kiri atas sesuai pada gambar.
- Nomor Reservation BB akan tercreate. Apabila ingin menambahkan Resources dan Additional Resources pada tab Events atau menyunting kembali isi Reservation tersebut, klik tombol **"Edit”** di pojok kiri atas, dan klik pada nomor Event yang telah ter-create oleh sistem.
- Pada tab Resources, silahkan menambahkan Menu yang berisikan paket yang tersedia dalam ruangan tersebut. Jumlah quantity dapat diatur secara manual. Setelah sudah selesai, click **“Add Menu”** untuk menambahkan paket tersebut dalam Reservation BB.
- Apabila ada penambahan paket, silahkan menggunakan tab Additional Resources. Jenis peralatan, quantity, harga, dan pajak yang berlaku per qty dapat di set secara manual.
- Klik Save lagi di pojok kanan atas untuk mengunci data yang sudah ditambahkan atau disunting sebelumnya.
- Nomor Reservation BB atas Casual Leasing berhasil dibuat.
Cara akses menu Casual Leasing / Banquet.
Nama Field | Tidak Wajib diisi atau wajib diisi | Keterangan |
---|---|---|
Customer | Wajib diisi | Nama client yang melakukan proses sewa |
Tenancy | Wajib diisi | Field tenancy diisi apabila Casual Leasing berikut terdapat kontrak Tenancy tersebut |
Contact Person | Tidak wajib diisi | Contact detail. Field ini penting untuk diisi agar invoice bisa memunculkan UP di printout invoice |
Cut Off Date | Wajib diisi | Tanggal reservasi dari ruangan yang disewa |
Reservation By | Wajib diisi | Nama client yang melakukan sewa ruangan |
Booker Contact | Tidak wajib diisi | Tidak perlu diisi. |
Salesperson | Tidak wajib diisi | Salesperson akan muncul pada invoice sebagai keterangan tambahan |
Event Name | Wajib diisi | Nama event akan muncul pada invoice |
Nama Field | Tidak Wajib diisi atau wajib diisi | Keterangan |
---|---|---|
Main Event | Tidak wajib diisi | Diisi apabila ada event utama atas sub event yang berlaku |
Event Date | Wajib diisi | Tanggal event / penyewaan |
Start Time | Wajib diisi | Jam dimulainya event / penyewaan |
End Time | Wajib diisi | Jam selesainya event / penyewaan |
Attendees | Tidak wajib diisi | Jumlah orang kehadiran dari peserta event |
Price Event Function | Tidak wajib diisi | Dapat dikosongkan |
Function Room | Wajib diisi | Ruangan yang disewa oleh client |
Function Room Setup | Wajib diisi | Jenis ruangan letak ruangan yang disewa |
Event Function | Wajib diisi | Tipe event di ruangan yang disewa |
Setup Time | Wajib diisi | Waktu loading in event |
Setdown Time | Wajib diisi | Waktu loading out event |
Remark | Tidak wajib diisi | Apabila ada note tambahan. |
MOHON DIPERHATIKAN
untuk menambah resources dan additional resources, mohon agar dilakukan save terlebih dahulu dengan cara “Save & Close”. Apabila langkah dilanjutkan, maka akan muncul error dan create Reservation Event tidak dapat jalan.
Nama Field | Tidak Wajib diisi atau wajib diisi | Keterangan |
---|---|---|
Date | Wajib diisi | Tanggal rate yang berlaku |
Residential | Tidak wajib diisi | Tidak perlu untuk dicentang |
Package | Wajib diisi | Jenis paket yang tersedia |
Discount % | Tidak wajib diisi | Persentase discount |
Discount Rp | Wajib diisi | Besaran discount dalam bentuk amount /total |
Qty | Wajib diisi | Kuantitas dapat diisi satu |
Taxes | Tidak Wajib diisi | Taxes dapat di isi manual dan di mapping berdasarkan jenis product |
Tenancy Inv Desc | Tidak Wajib diisi | Tidak perlu diisi. |