Skip to main content

Maintenance Request

Proses pembuatan request untuk melakukan maintenance property, jadi menu ini digunakan untuk mencatat detail perawatan gedung atau peralatan yang berkaitan dengan gedung

  1. Open Apps

    appserver-logo

  2. Pilih Aplikasi Property Maintenance

    appserver-propertymaintenance

  3. Klik Menu Maintenance, lalu sub menu Maintenance Request

    Alt text

  4. Klik button Create

    Alt text

  5. Input informasi pada field-field berikut

    Alt text

    FieldConditionNote
    Work OrderMandatoryNama dari request yang kana dibuat seperti purpose atau apa yang akan di maintain
    MR ReferenceOptionalMaintenance request yang berkaitan dengan request yang akan dibuat
    Property NameMandatoryProperty yang akan dilakukan proses maintenance
    TenantOptionalNama tenant yang sedang menempati atau menyewa property terkait (dapat dikosongkan, jika tidak ada)
    SupervisorOptionalNama yang berwenang mengawasi dan menentukan orang-orang yang ditugaskan menjalankan proses maintenance
    TeamMandatoryTim yang akan mengerjakan request maintenance
    Work TypeMandatoryTipe pekerjaan yang akan dilakukan oleh tim yang ditugaskan
    Maintenance TypeMandatoryTipe maintenance yang akan dikerjakan apakah maintenance untuk perawatan atau perbaikan
    Requested ByOptionalNama yang melakukan request maintenance terkait
    PhoneOptionalNomor telepon yang dapat dihubungi dari pihak
  6. Klik Save untuk menyimpan data request sementara

    Alt text

    • Secara status data request akan berada di status New Request

      Alt text

    • Status akan berubah dari kiri ke kanan dalam proses kedepan

  7. Apabila sudah siap, klik Approve dari request yang dibuat

    Alt text

  8. Status request akan berubah ke Confirmed dan terbuka beberapa field yang harus diisi kembali

    Alt text

    FieldConditionNote
    Source TeamMandatoryJenis tim yang akan dipanggil untuk mengerjakan perbaikan atau maintenance, antara tim internal atau eksternal
    VendorOptionalJika Source Team yang dipilih adalah eksternal, maka akan ada field untuk memauskkan vendor yang mengerjakan request terkait
    ResponsibleOptionalNama-nama yang akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan request maintenance yang dibuat
    Renter's FaultMandatoryCheckbox apabila dicentang maka akan dilanjutkan ke pembuatan invoice bagi renter
    PriorityOptionalTingkat prioritas maintenance
  9. Klik Save untuk menyimpan data sementara pada status confirmed

    Alt text

  10. Jika maintenance sudah dilakukan, lajutkan ke status berikutnya menjadi 'in progress' dengan cara klik 'start working'

    Alt text

    Alt text

  11. Dalam proses maintenance, jelaskan detail pekerjaan yang dilakukan pada tab 'working details' lalu 'add an item'

    • Melalui proses ini, proses perawatan gedung dapat dilakukan oleh vendor atau tim internal sendiri yang dimana detail pengerjaan dicatat secara real time

      Alt text

  12. Pindah ke tab ‘description’ untuk memberikan notes dari perbaikan atau maintenance yang dilakukan

    Alt text

  13. Click ‘save’ untuk menyimpan Kembali data

    Alt text

  14. Pada status ‘in progress’ ini terdapat beberapa opsi untuk kelanjutan dari maintenance yang dilakukan

    • Melakukan Cancel dari maintenance yang dilakukan dengan cara click ‘cancel’

      Alt text

      Status dari request yang telah dibuat akan masuk ke state 'Cancelled'

      Alt text

      Klik Reopen Request jika ingin membuka kembali request yang telah di cancel

      Alt text

    • Mengaktifkan amendment dari request yang telah dibuat dengan cara click ‘amandment’

      Alt text

      Setelah Amandement aktif, maka supervisur dapat klik 'edit' intik mengubah hal-hal yang tidak dapat diakses user lain

      Selanjutnya klik 'Save' lalu Stop Amandment

      Alt text

    • Merubah request ke status repaired dengan cara click done

      Alt text

      Alt text

  15. Apabila telah selesai, progress selanjutnya adalah melakukan validasi dari hasil maintenance yang dilakukan, dimana akan ada beberapa field baru yang terbuka untuk melakukan validasi dan penilaian

    • Hasil pengerjaan tim atau vendor dinilai oleh chief sebagai indikator perfoma vendor dan tim internal terhadap perawatan atau perbaikan suatu pengerjaan terhadap gedung
    FieldConditionNote
    Generate to ReportMandatoryField ini berisi 3 opsi pelaporan 'major equipment issue', 'monthly initiative', dan 'exclude from report'
    AssesmentMandatoryHasil penilaian dari maintenance atau perbaikan yang dilakukan, field ini berisi 5 opsi penilaian dari ‘sangat tidak memuaskan’ sampai ‘sangat memuaskan’
  16. Selanjutnya, sama halnya saat state ‘in progress’ dari hasil validasi tersebut ada beberapa opsi untuk melanjutkan state MR yang ada:

    • Melakukan Cancel dari maintenance yang dilakukan dengan cara klik 'Cancel'

      Alt text

      Status dari request yang telah dibuat akan masuk ke state 'Cancelled'

      Alt text

      Klik Reopen Request jika ingin membuka kembali request yang telah di cancel

      Alt text

    • Mengaktifkan amendment dari request yang telah dibuat dengan cara klik 'amandment'

      Alt text

      Setelah Amendment aktif, maka supervisor dapat klik Edit untuk mengubah hal-hal yang tidak dapat diakses ke user lain seperti working detail dan juga MR description pada menu-nya masing-masing

      Selanjutnya klik Save, lalu Stop Amendment

      Alt text

    • Merubah request ke status Validate dengan cara klik Validate yang menyatakan bahwa request telah selesai dikerjakan dengan tuntas

      Alt text

      Alt text

    Proses berikutnya akan masuk ke bagian invoicing di SAP, untuk pemberian maintenance yang memerlukan tagihan

    Alt text

NOTES
  1. Status Maintenance Request (MR) terbagi atas:

    Alt text

    StateCatatan Status
    New RequestMR menjadi New Request ketika: MR baru saja dibuat
    ConfirmedMR menjadi confirmed ketika: MR sudah di approve untuk ditentukan tim yang mengerjakan proses maintenance
    In ProgressMR menjadi In Progress ketika: MR sudah dilakukan start working, proses maintenance sedang dilakukan
    RepairedMR menjadi Repaired ketika: MR sudah dinyatakan selesai dikerjakan tim terkait
    ValidatedMR menjadi Validated ketika: Hasil dari perbaikan maintenance akan dinilai hasilnya melalui maintenance assesment
    CancelledMR menjadi Cancelled ketika: MR dibatalkan apabila proses perbaikan atau perawatan dibatalkan