Skip to main content

Utilities

Proses pembuatan Utilities Usage untuk listrik dan air, serta proses kalkulasi untuk penagihannya

  1. Open Apps

    appserver-logo

  2. Pilih aplikasi Property Maintenance

    appserver-propertymaintenance

  3. Klik menu Utilities lalu sub menu Utilities Usage

    Alt text

  4. Klik button Create

    Alt text

  5. Isi field berikut:

    Alt text

    FieldConditionNote
    TypeMandatoryTipe produk utilities yang akan dibuat perhitungan meterannya
    PeriodMandatoryPeriode bulan yang dipilih
  6. Klik Start untuk melakukan scan QR Code dari meteran listrik atau air yang akan diinput

    Alt text

    Klik Stop jika sudah selesai scan

    Alt text

    QR meteran yang di scan, akan menginput data meteran usage tersebut, beserta property yang terhubung dengan meteran tersebut

    Alt text

  7. Klik button Save

    Alt text

  8. Klik button Edit

    Alt text

  9. Dapat ubah perhitungan kolom Last Meter jika terjadi ketidaksesuaian dengan hasil input scan meteran dan tambahkan foto meteran pada kolom Photo

    Alt text

  10. Klik Save kembali

    Alt text

  11. Klik Approve jika semua meteran sudah terinput, status dari usage yang dibuat akan berubah ke state Confirmed

    Alt text

  12. Pindah ke menu Utilities untuk sub menu Utilities Calculation

    Alt text

  13. Klik button Create

    Alt text

  14. Isi field dan informasi dari kalkulasi tagihan suatu tenant

    Alt text

    FieldConditionNote
    TypeMandatoryTipe produk utilities yang akan dibuat perhitungan meterannya
    TenantMandatoryTenant yang dipilih untuk kalkulasi tagihan utilitiesnya
    PeriodMandatoryPeriode bulan yang dipilih
  15. Klik Add Calculation Line untuk memasukkan tagihan untuk setiap meteran

    Alt text

    Hasil perhitungan tagihan di setiap meteran yang terinput

    Alt text

  16. Klik button Save

    Alt text

  17. Periksa tagihan yang tercantum dari hasil kalkulasi utilities, dengan cara klik salah satu meter number

    Alt text

    Contoh detail perhitungan tagihan

    Alt text

  18. Apabila sudah sesuai, klik button Confirm lalu state dari utilities calculation yang dibuat akan berubah ke status Confirmed

    Alt text

  19. Setelah itu akan ada field Taxes yang terbuka untuk diisi

    Alt text

  20. Tahap berikutnya adalah, proses pembuatan invoice atau mencetak tagihan untuk tenant dengan klik Create Invoice

    Alt text

  21. Klik save kembali, lalu akan terbuat draft dari invoice utilities

    Alt text

  22. Jika tagihan akan segera diserahkan, klik Validate untuk memvalidasi tagihan

    Alt text

  23. Setelah di validasi, invoice sudah pada state 'open' untuk dilakukan pembayaran

    Alt text

  24. Untuk mencetak tagihan yang telah divalidasi, dapat klik 'print' lalu pada sub 'utilities attachment'

    Alt text

    Contoh cetakan tagihan utilities

    Alt text

Notes
  1. Automated Calculation

    Pembuatan utilities calculation untuk setiap tenant dapat dibuat automasinya dalam waktu yang dinginkan. Dimana untuk menjalankan automated utilities calculation, usage dan sebagainya ini, silahkan meminta dari IT support untuk menjadwalkannya secara langsung di settings dari Odoo pada menu 'technical' dan sub menu 'scheduled action'

    Alt text

    Lalu, tim IT Support dapat klik 'Run Manually' dari scheduled action yang dipilih untuk mengeksekusi setiap bagian yang akan dibuatkan automasinya

    Alt text

  2. Set to Draft

    Sebagai tindakan pencegahan, apabila terdapat kesalahan dalam proses-proses diatas, untuk pembuatan utilities usage dan calculation yang sudah dikonfirmasi, dapat dikembalikan ke status draft apabila terdapat kesalahan penginputan atau perhitungan dengan cara:

    • Masuk ke sub menu Utilities Usage atau Calculation

    Alt text

    • Pilih salah satu data dengan status 'Confirmed'

      Alt text

      Untuk data 'utilities calculation', ambil data dengan status 'confirmed' namun belum dibuat invoicenya

      Alt text

    • Klik button Set to Draft

      Alt text

  3. Update Rate Button

    Alt text

    • Button Update Rate dapat berjalan dalam periode aktifnya

      Alt text

    • Button Update Rate hanya berdampak untuk calculation dengan status draft

      Alt text

    • Apabila status suatu calculation sudah 'confirmed' maka perlu dikembalikan ke 'draft'

      Klik button Set to Draft

      Alt text

    • Apabila invoice sudah dibuat, maka status calculation tidak bisa dikembalikan ke 'draft' atau dengan kata lain button Update Rate tidak bisa mengubah kalkulasi

      Alt text

  4. Cancel Invoice

    a. Cancel Invoice - Status Invoice: Draft

    Jika status customer invoice Draft

    Alt text

    Lakukan langkah-langkah berikut:

    • Klik Action

      Alt text

    • Klik Delete

      Alt text

    • Invoice dikembalikan seperti semula

    b. Cancel Invoice - Status Invoice: Open

    Jika telah klik Validate dan status invoice Open maka, jurnal akan otomatis terposting di Odoo seperti berikut:

    Alt text

    Lakukan langkah-langkah berikut:

    • Klik Add Credit Note. Tahap ini akan menutup seluruh nominal yang tertera di invoice

      Alt text

    • Isi field credit note berikut:

      a. Reason: Alasan membatalkan invoice

      b. Credit Note Date

      Alt text

    • Klik button Add Credit Note diatas

    • Diakhir, jurnal otomatis akan direverse, dan otomatis menutup invoice lama dan otomatis menghasilkan invoice baru dengan status "draft".

      Alt text

    • Selanjutnya dapat melakukan perubahan informasi di invoice baru dengan cara kembali ke menu Customer Invoice

      Alt text