Skip to main content

Convert Leads Menjadi Opportunity

Berikut cara untuk mengubah Lead menjadi Opportunity agar masuk ke dalam progress stage Pipeline

  1. Buka halaman Leads

  2. Pilih daftar Lead yang ingin Anda ubah menjadi Opportunity

    alt-text

  1. Sehingga tampil halaman detail Lead, kemudian klik pada tombol Convert to Opportunity yang ada pada detail halaman Lead

    alt-text

  1. Sehingga tampil layar untuk mengubah Lead menjadi Opportunity seperti di bawah ini. Kemudian pada bagian Conversion Action pilih Convert to opportunity untuk mengubah Lead menjadi Opportunity baru dalam Pipeline

    alt-text

  1. Pada bagian Assign this opportunity to, apabila Lead belum memiliki Salesperson dan Sales Channel maka tentukan Salesperson dan Sales Channel yang ditugaskan untuk menangani Opportunity tersebut

    alt-text

  1. Pada bagian Customer pilih salah satu opsi sebagai berikut:

    a. Link to an existing customer: menggunakan data customer yang telah ada pada opsi data customer

    b. Create a new customer: membuat customer baru apabila customer belum terdaftar pada opsi data customer

    CATATAN: Biasanya apabila Anda telah mengisi data customer pada form Lead maka secara otomatis bagian customer di bawah ini akan terisi sesuai dengan data customer yang Anda isi pada form Lead. Namun, apabila ada perubahan mengenai customer Anda dapat mengubahnya dengan memilih pada opsi data customer di bawah ini

    alt-text

  1. Kemudian klik pada tombol Create Opportunity untuk mengubah Lead menjadi Opportunity baru

    alt-text

  1. Setelah itu akan tampil layar detail Opprtunity Anda. Di sini Anda harus melengkapi informasi data Opportunity baru Anda sebagai berikut dengan mengklik tombol Edit yang ada pada layar detail Opportunity

    a. Nama Opportunity: Update nama Opportunity atau nama kerjasama/prospek

    b. Expected Revenue: Isi jumlah kemungkinan nilai revenue yang akan didapatkan dari customer tersebut

    c. Probability: Isi berapa persen kemungkinan Opportunity akan Deal (Misal: Karena customer tersebut sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa KGX atau mempunyai relasi yang baik dengan KGX maka persen kemungkinan akan Deal adalah 80%)

    d. Expected Closing: Tentukan tanggal batas waktu kemungkinan Opportunity tersebut akan Deal menjadi kontrak kerjasama

    e. Internal Customer Code: Isi nomor Customer ID sesuai dengan nomor Customer ID yang ada dalam database customer KGX (Jika belum ada boleh dikosongkan saja)

    alt-text

  1. Kemudian isi coverage area customer pada bagian Coverage Area dalam tab internal notes

    alt-text

  2. Setelah selesai melengkapi data Opportunity baru Anda lalu klik Save untuk menyimpan perubahan

    alt-text

  1. Setelah itu buka menu Pipeline Anda dan Opportunity yang baru akan terdaftar ke dalam Pipeline pada stage pertama yaitu stage Negotiate

    alt-text