Membuat Leads Baru
Anda dapat membuat Leads baru melalui menu CRM (\CRM\Pipeline\Leads) dengan cara sebagai berikut
Buka halaman Leads
Klik pada tombol Create yang ada pada halaman Leads
Pada bagian Leads ketikan nama Lead atau deskripsi Lead (Bisa berupa nama service yang ingin digunakan atau contact prospek calon customer)
Pada bagian Customer pilih nama calon customer dari opsi yang tersedia
Apabila nama customer belum tersedia dalam opsi maka Anda dapat membuat data customer baru dengan mengklik Create and Edit yang ada pada opsi dropdown list Customer. Kemudian ikuti langkah membuat customer baru di sini
Setelah bagian customer diisi biasanya langsung tertera nama perusahaan customer pada field Company. Namun, apabila tidak tertera maka Anda dapat mengisi sendiri nama perusahaan client atau jika tidak ada silakan dikosongkan saja
Kemudian pada bagian Address isi informasi alamat lengkap dari customer
Street: Alamat nama jalan kantor customer
City: Nama kota
State: Nama provinsi
ZIP: Nomor kode pos
Country: Nama negara
Jika ada isi alamat website customer pada bagian Website. Namun, jika tidak ada boleh dikosongkan saja
Selanjutnya pilih Sales Person alias nama anggota tim Sales yang bertugas dan Pilih Sales Channel alias nama tim Sales yang mempunyai Lead tersebut pada bagian dalam kotak merah di bawah ini
Lengkapi informasi kontak customer di bawah ini
Contact Name: isi nama dari kontak customer
Email: isi alamat email customer
Phone: isi nomor telepon kantor yang dapat dihubungi (Jika tidak ada boleh dikosongkan saja)
Mobile: isi nomor HP customer yang dapat dihubungi (Jika tidak ada boleh dikosongkan saja)
Pada bagian Client Type pilih salah satu tipe client/customer di bawah ini
External: Customer dari luar
Internal: Customer dari dalam lingkup KG
Pada bagian Product or Service Type pilih jenis service (layanan) KGXpress yang ingin digunakan oleh customer. Apabila Customer menggunakan lebih dari 1 services maka yang diisi di Product Type adalah service yang paling dominan (yang paling banyak expected revenue) Contoh: Economy, Regular, Trucking, Container, dan lain-lain
Pada bagian Priority tentukan skala prioritas customer. Priority dapat ditentukan dari tingkat kepentingan customer
Bintang Satu: Low priority = tidak penting dan tidak mendesak
Bintang Dua: High priority = jumlah expected revenue nya banyak tapi tidak terlalu mendesak
Bintang Tiga: Very high priority = jumlah expected, dan proyek besar, sangat mendasak dan perlu ada persetujuan manager atau level atas
Pada bagian Tags pilih jenis Armada, industri client, dan supporting services. Contoh: Household goods, FTL (industri barang rumah tangga dengan services FTL)
Pada tab Internal Notes Anda dapat menuliskan informasi tambahan mengenai keperluan dan bentuk kerjasama mengenai Leads tersebut. Jika tidak perlu maka boleh dikosongkan saja
Klik tombol Save untuk menyimpan Leads
Maka Leads berhasil ditambahkan pada daftar Leads