Skip to main content

Membuat Leads Baru

Anda dapat membuat Leads baru melalui menu CRM (\CRM\Pipeline\Leads) dengan cara sebagai berikut

  1. Buka halaman Leads

  2. Klik pada tombol Create yang ada pada halaman Leads

    alt-text

  3. Pada bagian Leads ketikan nama Lead atau deskripsi Lead (Bisa berupa nama service yang ingin digunakan atau contact prospek calon customer)

    alt-text

  4. Pada bagian Customer pilih nama calon customer dari opsi yang tersedia

    alt-text

    Apabila nama customer belum tersedia dalam opsi maka Anda dapat membuat data customer baru dengan mengklik Create and Edit yang ada pada opsi dropdown list Customer. Kemudian ikuti langkah membuat customer baru di sini

    alt-text

  5. Setelah bagian customer diisi biasanya langsung tertera nama perusahaan customer pada field Company. Namun, apabila tidak tertera maka Anda dapat mengisi sendiri nama perusahaan client atau jika tidak ada silakan dikosongkan saja

    alt-text

  6. Kemudian pada bagian Address isi informasi alamat lengkap dari customer

    Street: Alamat nama jalan kantor customer

    City: Nama kota

    State: Nama provinsi

    ZIP: Nomor kode pos

    Country: Nama negara

    alt-text

  7. Jika ada isi alamat website customer pada bagian Website. Namun, jika tidak ada boleh dikosongkan saja

    alt-text

  8. Selanjutnya pilih Sales Person alias nama anggota tim Sales yang bertugas dan Pilih Sales Channel alias nama tim Sales yang mempunyai Lead tersebut pada bagian dalam kotak merah di bawah ini

    alt-text

  9. Lengkapi informasi kontak customer di bawah ini

    Contact Name: isi nama dari kontak customer

    Email: isi alamat email customer

    Phone: isi nomor telepon kantor yang dapat dihubungi (Jika tidak ada boleh dikosongkan saja)

    Mobile: isi nomor HP customer yang dapat dihubungi (Jika tidak ada boleh dikosongkan saja)

    alt-text

  10. Pada bagian Client Type pilih salah satu tipe client/customer di bawah ini

    External: Customer dari luar

    Internal: Customer dari dalam lingkup KG

    alt-text

  11. Pada bagian Product or Service Type pilih jenis service (layanan) KGXpress yang ingin digunakan oleh customer. Apabila Customer menggunakan lebih dari 1 services maka yang diisi di Product Type adalah service yang paling dominan (yang paling banyak expected revenue) Contoh: Economy, Regular, Trucking, Container, dan lain-lain

    alt-text

  12. Pada bagian Priority tentukan skala prioritas customer. Priority dapat ditentukan dari tingkat kepentingan customer

    Bintang Satu: Low priority = tidak penting dan tidak mendesak

    Bintang Dua: High priority = jumlah expected revenue nya banyak tapi tidak terlalu mendesak

    Bintang Tiga: Very high priority = jumlah expected, dan proyek besar, sangat mendasak dan perlu ada persetujuan manager atau level atas

    alt-text

  13. Pada bagian Tags pilih jenis Armada, industri client, dan supporting services. Contoh: Household goods, FTL (industri barang rumah tangga dengan services FTL)

    alt-text

  14. Pada tab Internal Notes Anda dapat menuliskan informasi tambahan mengenai keperluan dan bentuk kerjasama mengenai Leads tersebut. Jika tidak perlu maka boleh dikosongkan saja

    alt-text

  15. Klik tombol Save untuk menyimpan Leads

    alt-text

  16. Maka Leads berhasil ditambahkan pada daftar Leads

    alt-text