Membuat Opportunity Baru Dalam Pipeline
Anda dapat membuat Opportunity baru dari Leads yang telah ada dengan mengikuti cara Convert Leads Menjadi Opportunity
Atau dengan membuat Opportunity tanpa menggunakan Leads dengan cara sebagai berikut:
- Buka halaman menu Pipeline
Klik tombol Create pada halaman Pipeline
Kemudian tampil layar untuk menambahkan Opportunity dan isi informasi yang dibutuhkan seperti:
a. Opportunity title: ketikan nama Opportunity atau deskripsi dari Opportunity yang akan diprogress dalam Pipeline. (Bisa berupa nama product calon customer atau nama bentuk kerjasama/prospek antara KGX dengan calom customer)
b. Customer: pilih data calon customer dari data yang telah ada pada dropdown opsi data customer
c. Expected Revenue: Isi jumlah kemungkinan nilai revenue yang akan didapatkan dari customer tersebut
d. Priority: tentukan skala prioritas customer. Priority dapat ditentukan dari tingkat kepentingan customer
Bintang Satu: Low priority = tidak penting dan tidak mendesak
Bintang Dua: High priority = jumlah expected revenue nya banyak tapi tidak terlalu mendesak
Bintang Tiga: Very high priority = jumlah expected, dan proyek besar, sangat mendasak dan perlu ada persetujuan manager atau level atasSetelah selesai lalu klik tombol klik tombol Create & Edit untuk melengkapi data Opportunity lebih detail
Sehingga tampil layar form detail Opppotunity seperti di bawah ini dan lengkapi data Oppotunity Anda pada cara nomor selanjutnya
Pada bagian Probability isi berapa persen kemungkinan Opportunity akan Deal (Misal: Karena customer tersebut sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa KGX atau mempunyai relasi yang baik dengan KGX maka persen kemungkinan akan Deal adalah 80%)
Pada bagian Product or Service Type pilih jenis service (layanan) KGXpress yang ingin digunakan oleh customer. Apabila Customer menggunakan lebih dari 1 services maka yang diisi di Product Type adalah service yang paling dominan (yang paling banyak expected revenue) Contoh: Economy, Regular, Trucking, Container, dan lain-lain
Pada bagian Email dan Phone isi alamat email dan nomor telepon calon customer yang dapat dihubungi
Selanjutnya pilih Sales Person alias nama anggota tim Sales yang bertugas dan Pilih Sales Channel alias nama tim Sales yang mempunyai Opportunity tersebut pada bagian dalam kotak merah di bawah ini
Pada bagian Expected Closing tentukan tanggal batas waktu kemungkinan Opportunity tersebut akan Deal menjadi kontrak kerjasama
Pada bagian Client Type pilih salah satu tipe client/customer di bawah ini
External: Customer dari luar
Internal: Customer dari dalam lingkup KG
Apabila sudah mempunyai Customer ID dari database customer KGX maka silakan isi nomor Customer ID pada bagian Internal Customer Code (Jika belum ada boleh dikosongkan saja)
Pada bagian Tags pilih jenis Armada, industri client, dan supporting services. Contoh: Household goods, FTL (industri barang rumah tangga dengan services FTL)
Bagian FKK Number dilewati saja karena baru dapat diisi ketika sudah Deal dan sudah mempunyai nomor FKK (surat kontrak kerja sama)
Pada tab Internal Notes Anda dapat menuliskan informasi tambahan mengenai keperluan dan bentuk kerjasama mengenai Opportunity tersebut. Jika tidak perlu maka boleh dikosongkan saja
Kemudian isi coverage area customer pada bagian Coverage Area dalam tab internal notes
Setelah selesai melengkapi semua data kemudian klik tombol Save untuk menyimpan data Opportunity Anda ke dalam Pipeline
Kemudian kembali ke menu Pipeline Anda dan Opportunity yang baru akan terdaftar ke dalam Pipeline pada stage pertama yaitu stage Negotiate