Skip to main content

Membuat Opportunity Baru Dalam Pipeline

Anda dapat membuat Opportunity baru dari Leads yang telah ada dengan mengikuti cara Convert Leads Menjadi Opportunity

Atau dengan membuat Opportunity tanpa menggunakan Leads dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka halaman menu Pipeline
  1. Klik tombol Create pada halaman Pipeline

    alt-text

  1. Kemudian tampil layar untuk menambahkan Opportunity dan isi informasi yang dibutuhkan seperti:

    alt-text

    a. Opportunity title: ketikan nama Opportunity atau deskripsi dari Opportunity yang akan diprogress dalam Pipeline. (Bisa berupa nama product calon customer atau nama bentuk kerjasama/prospek antara KGX dengan calom customer)

    b. Customer: pilih data calon customer dari data yang telah ada pada dropdown opsi data customer

    c. Expected Revenue: Isi jumlah kemungkinan nilai revenue yang akan didapatkan dari customer tersebut

    d. Priority: tentukan skala prioritas customer. Priority dapat ditentukan dari tingkat kepentingan customer

    Bintang Satu: Low priority = tidak penting dan tidak mendesak

    Bintang Dua: High priority = jumlah expected revenue nya banyak tapi tidak terlalu mendesak

    Bintang Tiga: Very high priority = jumlah expected, dan proyek besar, sangat mendasak dan perlu ada persetujuan manager atau level atas
  2. Setelah selesai lalu klik tombol klik tombol Create & Edit untuk melengkapi data Opportunity lebih detail

    alt-text

  1. Sehingga tampil layar form detail Opppotunity seperti di bawah ini dan lengkapi data Oppotunity Anda pada cara nomor selanjutnya

    alt-text

  1. Pada bagian Probability isi berapa persen kemungkinan Opportunity akan Deal (Misal: Karena customer tersebut sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa KGX atau mempunyai relasi yang baik dengan KGX maka persen kemungkinan akan Deal adalah 80%)

    alt-text

  1. Pada bagian Product or Service Type pilih jenis service (layanan) KGXpress yang ingin digunakan oleh customer. Apabila Customer menggunakan lebih dari 1 services maka yang diisi di Product Type adalah service yang paling dominan (yang paling banyak expected revenue) Contoh: Economy, Regular, Trucking, Container, dan lain-lain

    alt-text

  1. Pada bagian Email dan Phone isi alamat email dan nomor telepon calon customer yang dapat dihubungi

    alt-text

  1. Selanjutnya pilih Sales Person alias nama anggota tim Sales yang bertugas dan Pilih Sales Channel alias nama tim Sales yang mempunyai Opportunity tersebut pada bagian dalam kotak merah di bawah ini

    alt-text

  1. Pada bagian Expected Closing tentukan tanggal batas waktu kemungkinan Opportunity tersebut akan Deal menjadi kontrak kerjasama

    alt-text

  1. Pada bagian Client Type pilih salah satu tipe client/customer di bawah ini

    External: Customer dari luar

    Internal: Customer dari dalam lingkup KG

    alt-text

  1. Apabila sudah mempunyai Customer ID dari database customer KGX maka silakan isi nomor Customer ID pada bagian Internal Customer Code (Jika belum ada boleh dikosongkan saja)

    alt-text

  1. Pada bagian Tags pilih jenis Armada, industri client, dan supporting services. Contoh: Household goods, FTL (industri barang rumah tangga dengan services FTL)

    alt-text

  2. Bagian FKK Number dilewati saja karena baru dapat diisi ketika sudah Deal dan sudah mempunyai nomor FKK (surat kontrak kerja sama)

  3. Pada tab Internal Notes Anda dapat menuliskan informasi tambahan mengenai keperluan dan bentuk kerjasama mengenai Opportunity tersebut. Jika tidak perlu maka boleh dikosongkan saja

    alt-text

  1. Kemudian isi coverage area customer pada bagian Coverage Area dalam tab internal notes

    alt-text

  1. Setelah selesai melengkapi semua data kemudian klik tombol Save untuk menyimpan data Opportunity Anda ke dalam Pipeline

    alt-text

  1. Kemudian kembali ke menu Pipeline Anda dan Opportunity yang baru akan terdaftar ke dalam Pipeline pada stage pertama yaitu stage Negotiate

    alt-text