Skip to main content

Tahapan Penyelesaian Advance Payment Request atau Bon Sementara (BS)

INFO PENGERTIAN

Advance Payment Request juga disebut dengan Bon Sementara (BS)
Invoice juga disebut dengan Vendor Bills

Akses Menu

alt-text

Menu Account Payable -> Tab Transaction -> Vendor Bill -> Create alt-text

A. Penyelesaian BS SAMA dengan nominal invoice

1. Membuat Vendor Bill

- Mengisi Header

PERHATIAN

Pada Header Vendor Bill, bagian Payment Method, HARUS ISI "Settlement Adv. Payment" supaya tidak memproses transfer 2 kali.

alt-text

- Mengisi Line Item

Click "Add an Item" dan isi informasi produk. alt-text

Geser ke kanan untuk mengisi informasi produk secara lengkap. alt-text

Jika ingin menghapus line item

alt-text

Jika ingin menambah line item

alt-text

- Save & Check Commit Budget

alt-text

- Jika data Vendor Bill (VB) sudah aman, bisa dilakukan approve VB

alt-text

- Validate/Post

alt-text

alt-text

2. Membuat Payment Order Request

a. Ke Menu Account Payable

alt-text

b. Menu Payment Order Request dan Click Create

alt-text

c. Masukkan Informasi di Header dan Line Item

INFO
  • Payment Method pilih “Settlement Adv. Payment” , harus menyesuaikan dengan vendor bill jika tidak pada saat memanggil invoice di line item tidak akan muncul invoice yang dibuat sebelumnya.
  • Pada line item (Apply BS), ambil no BS dan no Vendor Bill (Invoice) untuk di sinkronisasi menyesuaikan dengan nominal. Sesuaikan no BS dan Vendor Bill sesuai dengan yang dituju

alt-text

d. Click button Calculate BS

alt-text

e. Click button Save dan Order Validation

alt-text

f. Submit Request Payment Order Request

  • Jika terdapat tier-validation, maka melalui button Validate dulu baru button Submit Request. alt-text

alt-text

  • Jika tidak terdapat tier-validation, maka langsung saja melalui button Submit Requestalt-text

Maka akan muncul status "Draft"
alt-text

3. Print Penyelesaian BS

Click Button "Print" dan "Penyelesaian BS" alt-text

Tampilan Print Penyelesaian BS alt-text

B. Penyelesaian BS KURANG dari nominal invoice

Untuk tahapan ini, hampir sama dengan tahapan sebelumnya.

INFORMASI

Jika Penyelesaian BS kurang dari nominal invoice, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Pada Bon Sementara
    Akan dibuat BS baru dikarenakan BS awal nominalnya kurang dari nominal invoice

  2. Pada Vendor Bill

  • Pada Header Vendor Bill, bagian Payment Method, HARUS ISI "Settlement Adv. Payment" supaya tidak memproses transfer 2 kali.
  • Pada Line Item, Base Price nominalnya LEBIH BESAR daripada nominal invoice
  1. Pada Payment Order Request
  • Payment Method pilih “Settlement Adv. Payment” , harus menyesuaikan dengan vendor bill jika tidak pada saat memanggil invoice di line item tidak akan muncul invoice yang dibuat sebelumnya.
  • Pada line item (Apply BS), ambil no BS dan no Vendor Bill (Invoice) untuk di sinkronisasi menyesuaikan dengan nominal. Sesuaikan no BS dan Vendor Bill sesuai dengan yang dituju

1. Membuat Vendor Bill

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Vendor Bill

PERHATIKAN
  • Pada Header Vendor Bill, bagian Payment Method, HARUS ISI "Settlement Adv. Payment" supaya tidak memproses transfer 2 kali.
  • Pada Line Item, Base Price nominalnya LEBIH BESAR daripada nominal Advance Payment Request

Berikut detailnya: alt-text

Sedangkan, nominal pada BS awal lebih kecil daripada nominal di VB alt-text

2. Membuat Advance Payment Request Baru

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Advance Payment Request

INFO

Nominal pada Advance Payment Request baru menggunakan selisih antara nominal Vendor Bill dan Advance Payment Request awal.

3. Membuat Payment Order Request

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Payment Order Request

PERHATIKAN HAL BERIKUT
  • Payment Method pilih “Settlement Adv. Payment” , harus menyesuaikan dengan vendor bill jika tidak pada saat memanggil invoice di line item tidak akan muncul invoice yang dibuat sebelumnya.
  • Pada line item (Apply BS), ambil no BS dan no Vendor Bill (Invoice) untuk di sinkronisasi menyesuaikan dengan nominal. Sesuaikan no BS dan Vendor Bill sesuai dengan yang dituju

- Isi Informasi di Header dan Line Item Payment Order Request

Berikut contohnya: alt-text

DIISI 2 LINE ITEM
  1. Line 1
    Berisi nomor Advance Payment Request awal dan nomor Invoice.
  2. Line 2
    Berisi nomor Advance Payment Request baru dan nomor Invoice.

- Save -> Calculate BS -> Order Validation -> Submit Request

alt-text

Sampai dokumen Payment Order Request berstatus "Draft" alt-text

4. Print Penyelesaian BS

alt-text

alt-text

C. Penyelesaian BS LEBIH dari invoice atau PENGEMBALIAN BS

1. Membuat Vendor Bill

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Vendor Bill

PERHATIKAN
  • Pada Header Vendor Bill, bagian Payment Method, HARUS ISI "Settlement Adv. Payment" supaya tidak memproses transfer 2 kali.
  • Pada Line Item, Base Price nominalnya LEBIH KECIL daripada nominal Advance Payment Request

2. Membuat Advance Payment Request Baru

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Advance Payment Request

INFO

Nominal pada Advance Payment Request baru menggunakan selisih antara nominal Vendor Bill dan Advance Payment Request awal.

3. Membuat Payment Order Request

User bisa ke sub-bab berikut
📝 Tahapan Pembuatan Payment Order Request

PERHATIKAN HAL BERIKUT
  • Payment Method pilih “Settlement Adv. Payment” , harus menyesuaikan dengan vendor bill jika tidak pada saat memanggil invoice di line item tidak akan muncul invoice yang dibuat sebelumnya.
  • Pada line item (Apply BS), ambil no BS dan no Vendor Bill (Invoice) untuk di sinkronisasi menyesuaikan dengan nominal. Sesuaikan no BS dan Vendor Bill sesuai dengan yang dituju

- Isi Informasi di Header dan Line Item Payment Order Request

Berikut contohnya: alt-text

- Save -> Calculate BS -> Order Validation -> Submit Request

alt-text

Sampai dokumen Payment Order Request berstatus "Draft" alt-text

4. Print Penyelesaian BS

alt-text

alt-text

5. Penyelesaian BS

A. Input Tanda Terima Titipan (TTT) atau Pengembalian BS

akses menu

Menu Cash Bank > Tab Payment Order > Payment Order

alt-text

Lengkapi informasi di Payment Order terutama di field "Posting Date", Payment Mode, dan nomor TTT.

INGAT

Payment Mode harus menggunakan Settlement Adv. Payment

alt-text

Setelah memasukkan informasi di field "Posting Date", Payment Mode, dan nomor TTT. Click Calculate BS -> Confirm Payments alt-text

Click button Posting alt-text

B. Alokasi Pengembalian Advance Payment Request

- Ke menu Advance Deposit Request

User bisa melalui akses menu berikut:

Akses Menu

Menu Account Receivable -> Tab Transaction -> Advance Deposit Request

alt-text

PENJELASAN FIELD DI HEADER ADVANCE DEPOSIT REQUEST
Nama FieldPenjelasan
Document DateTanggal dibuatnya permintaan uang muka.
CategoryKategori atau jenis uang muka yang diminta, misalnya untuk keperluan pekerjaan.
Account PartnerNama karyawan atau pihak yang menerima uang muka.
CurrencyMata uang yang digunakan untuk transaksi, misalnya IDR (Rupiah).
AssignmentDivisi atau peran yang menangani transaksi ini.
Adv. Pay (BS) SourceNomor referensi dari permintaan uang muka sebelumnya (Advance Payment Request).
Base AmountSesuaikan dengan uang yang ingin dikembalikan.
Payment AmountSesuaikan dengan uang yang ingin dikembalikan.
Bank Account PartnerNomor rekening dan nama bank milik penerima dana.
Payment MethodField ini wajib diisi mengenai metode pembayaran yang akan digunakan.
DescriptionKeterangan tambahan terkait permintaan, bisa berisi tujuan atau alasan pengajuan.
Transfer Request DateTanggal diminta agar dana ditransfer.
Estimation DatePerkiraan tanggal penyelesaian pembayaran.
CompanyNama perusahaan tempat transaksi ini dilakukan.
- Save dan Submit Request

Hingga dokumen berstatus Draft
alt-text

- Membuat Receipt Order
AKSES MENU

Menu Account Payable -> Tab Payments -> Receipt-Debit Orders

  • Mengisi informasi di Header Payment Order alt-text

  • Mengisi Line Item alt-text

Penjelasan Field Berwarna Ungu - Create AR: Reconcile Bank Statements
Nama FieldPenjelasan
App IDKode atau sistem aplikasi tempat transaksi tercatat. Ini akan otomatis muncul.
Bank Statement LineField ini wajib diisi dan isi dengan nomor bank.
Giro/CheckKolom opsional untuk mengisi nomor cek atau giro jika metode pembayaran menggunakan cek/giro.
Reconcile TypeField ini wajib diisi dan isi dengan "4. Reconcile ke Adv. Deposit Request (BS Kembali, dll)"
CustomerPihak (biasanya karyawan atau pelanggan) yang terkait dalam transaksi.
DP/DisposisiField ini wajib diisi dan isi dengan nomor Advance Deposit Request.

Setelah itu, click button "Save & Close"
alt-text

Lalu click button "Confirm Payments" dan "Posting" alt-text

Receipt-Orders berhasil di post alt-text

Status posted
alt-text