Skip to main content

User Guide for Point of Sales External

TOp Up Wallet

  1. Create Top Up Wallet

    1. Admin POS External akan melakukan request top up ke area regional KGX, setelah melakukan transfer ke rekening KGX, Admin POS melampirkan bukti transfer ke area regional KGX

    2. Area regional akan meneruskan ke team Finance HO

    3. Finance HO akan melakukan pengecekan di mutasi bank KGX, setelah memastikan uang masuk, Finance HO create Top Up Wallet atas POS External tersebut dengan menginput sesuai amount yang ditransfer.

    4. Transportation apps > Partnership, search partnership yang akan di top up, kemudian open partnership tersebut.

      Alt text Alt text

    5. Setelah form partnership open, klik Top Up

      Alt text

    6. Klik button Create

      Alt text

    7. Input Top Up sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      PartnershipMandatoryDefault, sesuai partnership yang sebelumnya dipilih
      AmountOptionalAmount, sesuai jumlah transfer
      DescriptionOptionalDescription

      Alt text

    8. Klik button Save

      Alt text

    9. Klik button Approve

      Alt text

    10. Balance wallet partnership bertambah

      Alt text

Create Deposit

  1. Check Mutation Bank pada Report G/L Balance

    1. Report G/L Balance menampilkan seluruh mutasi bank uang yang harus dialokasikan, atas uang masuk hasil dari Top Up Wallet POS External yang sudah masuk ke dalam report G/L Balance harus dialokasikan terlebih dahulu ke dalam Deposit. Berikut cara penarikan report G/L Balance : Account Receivable > Reports > G/L Balance :

      Alt text Alt text

    2. Filter report G/L Balance:

      FieldConditionNote
      DateMandatoryTanggal mutasi bank sampai dengan
      CompanyMandatoryDefault user login
      Report TypeMandatoryOpen Items: Mutasi bank yang belum dialokasikan. Reconciled Items: Mutasi bank yang sudah dialokasikan
      AccountOptionalAccount Bank
      JournalOptionalJournal Bank

      Alt text

    3. Klik View Report, berikut hasil data mutasi bank pada report

      Alt text

    4. Klik Download XLSX, data mutasi bank akan terexport dalam bentuk file excel

      Alt text

    5. Open file excel hasil download, berikut data yang terdownload

      Alt text

  2. Receipt Debit Order - Deposit

    1. Alokasi uang masuk ke deposit

      Apps Account Receivable > Transaction > Receipt Debit Order

      Alt text Alt text

    2. List Receipt - Debit Orders, klik button Create

      Alt text

    3. Form Receipt-Debit Orders, pada bagian header input sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      Payment ModeMandatoryBank atas uang masuk atau keluar
      Bank JournalMandatoryBank Journal
      CompanyMandatoryDefault by user login
      Created OnOptionalDefault sysdate ketika sace Receipt-Debit Orders
      Payment ExecutionMandatoryTanggal pembayaran atau mutasi bank
      Posting DateMandatoryTanggal pembayaran dialokasi
      DescriptionOptionalDescription
      Staat NoOptionalGenerate ketika Receipt-Debit Orders terposting

      Alt text

    4. Pada bagian detail, di tab AR: Reconcile Bank Statement, klik Add an Item:

      Alt text

    5. Form Add an item, input sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      Bank Statement LineMandatoryMutasi bank atas uang masuk atau keluar
      Reconcile TypeMandatoryReconcile Type: Reconcile to Invoice Customer (AR), Reconcile to Unidentified Customer, Reconcile to Down Payment (DP)
      Bank Amount OriginalRead OnlyAmount mutasi bank
      Bank Amount ResidualRead OnlySisa amount mutasi bank yang dialokasi ke DP
      CustomerMandatoryCustomer atas DP mutasi bank tersebut
      TTT/DisposisiRead OnlyTTT/Disposisi
      Account DP/UMRead OnlyAccount receivable atas customer tersebut
      Invoice AmountRead OnlyTotal withholding tax, jika reconcile type 1
      Witholding TaxRead OnlyTotal witholding tax, jika reconcile type 1
      ResidualRead OnlySisa antara mutasi bank dikurang piutang invoice, jika reconcile type 1
      Reconcile AmountRead OnlyTotal amount mutasi bank yang direconcile
      CurrencyRead OnlyDefault company user login
      Payment StateRead OnlyPayment state

      Alt text

    6. Setelah click button Save & Close, Reconcile Bank Statement akan masuk ke dalam list, jika sudah tidak ada bank statement yang akan direconcile, click button Save

      Alt text

    7. Nomor Receipt-Debit Order akan tergenerate, status menjadi Draft, pada posisi status ini transaksi masih dapat di edit dengan baik bagian header maupun detail. Jika sudah sesuai click button Confirm Payment

      Alt text

    8. Status menjadi Ready To Post, pada posisi status ini transaksi masih dapat di edit baik bagian header maupun detail. Jika sudah sesuai klik button Posting

      Alt text

    9. Status menjadi Posted (File Uploaded), pada posisi status ini nomor staat dan nomor payment tergenerate, transaksi sudah tidak dapat di edit baik bagian header maupun detail. Atas uang masuk sudah teralokasi menjadi down payment atas customer yang dipilih.

      Alt text

Create Invoice

  1. Check Report Express Order Partnership

    1. Untuk melihat report transaksi waybill atas POS External atau partner, dapat melihat pada menu berikut : buka ke Apps Transportation > Reporting > Express Order Partnership

      Alt text Alt text

    2. Isi parameter sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      Start DateMandatoryRange tanggal confirmation date express order
      End DateMandatoryRange tanggal confirmation date express order
      PartnershipOptionalPartnership express order
      LocationOptionalLocation express order

      Alt text

    3. Klik button View Report, akan muncul report dalam tampilan Grid, kemudian click button Download XLSX, report akan terdownload dalam bentuk file excel

      Alt text

    4. Berikut tampilan report Express Order Partnership atas Partnership Prima Agency dalam range tanggal order 01 – 30 April 2023. Dari list order express partnership tersebut, nilai total wallet debit amount (kolom O, baris 2) yang akan dijadikan acuan total amount pembuatan invoice atas partnership tersebut.

      Alt text

  2. Create Customer Invoice

    Untuk user manual Create Customer Invoice dapat mengikuti user manual Direct Invoice

Allocation Invoice ke Deposit

Setelah invoice ter-generate pada step 3, selanjutnya invoice tersebut alokasi ke Deposit yang telah dibuat pada step 2. Berikut Step Allocation Invoice ke Deposit

  1. Receipt Debit Order - Allocation Deposit

    1. Open Apps Account Receivable > Transaction > Receipt Debit Order

      Alt text Alt text

    2. List Receipt-Debit Orders, klik button Create

      Alt text

    3. Form Receipt-Debit Orders, pada bagian header input sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      Payment ModeMandatoryBank atas uang masuk atau keluar
      Bank JournalMandatoryBank Journal
      CompanyMandatoryDefault by user login
      Created OnOptionalDefault sysdate ketika sace Receipt-Debit Orders
      Payment ExecutionMandatoryTanggal pembayaran atau mutasi bank
      Posting DateMandatoryTanggal pembayaran dialokasi
      DescriptionOptionalDescription
      Staat NoOptionalGenerate ketika Receipt-Debit Orders ter-posting

      Alt text

    4. Pada bagian detail, di tab DP Allocation klik Add an Item

      Alt text

    5. Input sebagai berikut:

      FieldConditionNote
      DP/Adv. PaymentMandatoryNomor payment atas deposit yang tergenerate pada step 2b
      PartnerRead OnlyCustomer atas deposit
      InvoiceMandatoryInvoice atas customer deposit
      Adv. Payment/DP AmountRead OnlyAmount deposit
      Residual AmountMandatorySisa amount deposit
      Invoice AmountRead OnlyAmount invoice
      Invoice Amount DueRead OnlySisa amount deposit
      CurrencyRead OnlyDefault company user login
      Applied AmountRead OnlyTotal amount invoice yang dialokasi
      Journal EntryRead OnlyNomor journal entry

      Alt text

    6. Klik button Save

      Alt text

    7. Nomor Receipt-Debit Order akan tergenerate, status menjadi Draft, pada posisi status ini transaksi masih dapat di edit dengan baik bagian header maupun detail. Jika sudah sesuai klik button Confirm Payment

      Alt text

    8. Status menjadi Ready To Post, pada posisi status ini transaksi masih dapat di edit baik bagian header maupun detail. Jika sudah sesuai klik button Posting

      Alt text

    9. Status menjadi Posted (File Uploaded), pada posisi status ini nomor staat dan nomor journal entry tergenerate, transaksi sudah tidak dapat di edit baik bagian header maupun detail. Atas uang masuk sudah teralokasi menjadi down payment atas customer yang dipilih.

      Alt text

  2. View Deposit

    1. Open Apps Account Receivable > Transaction > Receipt Debit Order

      Alt text Alt text

    2. List Advance Deposit, search nomor deposit yang sudah di create melalui receipt debit order pada step 2

      Alt text

    3. Open, deposit tersebut, berikut tampilan deposit terdapat informasi sisa saldo atas deposit yang sudah dialokasi pada field Remaining Amount.

      Alt text

    4. Pada kanan atas terdapat informasi Invoice yang dialokasikan

      Alt text

    5. Dan informasi journal entry yang ter-generate

      Alt text